Utang Besar, Klub Prancis Ini Kehilangan Status Pro

Football5Star.com, Indonesia – Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, demikianlah keadaan klub Prancis, SC Bastia. Setelah mendapat degradasi ganda pada akhir musim lalu dari Ligue 1 ke Championnat National (Divisi III), pil pahit harus kembali ditelan pada Selasa (1/8/2017). I Turchini kehilangan status sebagai klub profesional. Utang besar menjadi sebabnya.

Berdasarkan pengumuman singkat yang diunggah di akun Twitter resmi klub, Bastia dinyatakan Direction Nationale du Contrôle de Gestion (DNCG) kehilangan status profesional alias menjadi klub amatir. Meski demikian, I Turchini tetap diperbolehkan bermain di Divisi III.

Pil pahit itu harus ditelan gara-gara manajemen yang buruk. Musim lalu, klub yang bermarkas di Stade Armand Cesari itu finis di posisi terakhir Ligue 1. Secara otomatis, mereka terdegradasi ke Ligue 2. Namun, karena didapati utang sangat besar, I Turchini langsung didegradasi lagi ke Divisi III. Laporan Eurosports menyebutkan, klub Prancis tersebut memiliki utang sekitar 23 juta euro (sekitar Rp362 miliar).

Kubu Bastia melakukan banding atas hukuman degradasi ganda tersebut. Namun, upaya mereka kandas karena memori banding ditolak pada 12 Juli silam.

Perubahan status dari klub profesional menjadi amatir membuat Bastia secara otomatis kehilangan semua pemain yang masih terikat kontrak. Salah satunya Sebastien Squillaci, mantan pemain Arsenal. I Turchini diberi waktu dua pekan oleh French Football Federation (FFF) untuk menyusun ulang skuatnya.

Bastia seharusnya melakoni laga pekan perdana Championnat National pada 4 Agustus mendatang melawan Rodez AF. Namun, FFF menetapkan dua laga awal tim asal Pulau Corsica itu ditunda sehingga mereka baru bermain pada 18 Agustus 2018.

Comments
Loading...