Utang Membengkak, Barcelona di Ambang Kebangkrutan

Football5star.com, Indonesia – Masalah tidak henti-hentinya menghampiri Barcelona. Kali ini mereka disebut-sebut sedang di ambang kebangkrutan karena utang yang kian menumpuk.

El Mundo melapokan utang yang dimiliki Barcelona kian membengkak tahun ini. disebutkan jika mereka memiliki utang yang jumlahnya 1,1 miliar euro.

Dari jumlah tersebut 730 juta euro di antaranya akan jatuh tempo dalam waktu dekat. Adapun 266 juta euro terutang kepada bank-bank pada 30 Juni, di mana 90 juga di antaranya terutang kepada Goldman Sachs.

Keadaan ini diperparah dengan beban gaji para pemain Barcelona. Menurut catatatan, kurang lebih 74 persen pendapatan klub habis untuk gaji pemain.

Angka ini jelas melebihi batas wajar yang telah ditetapkan LaLiga. Sebagai informasi, LaLiga membatasi besaran gaji sebuah klub sebesar 70 persen dari pendapatan.

Manajemen sejatinya sudah bertindak untuk mengurangi beban finansial. Salah satunya dengan memotong gaji para pemain dan melepas beberapa bintang.

Sementara itu, dalam tiga tahun terakhir, pendapatan yang didapat klub Katalonia terus menurun. Musim 2018-2019 lalu mereka mampu meraup 990 juta euro. Tapi musim lalu pendapatan klub turun hingga 14 persen.

Menurut analisis yang dirilis Swiss Ramble, turunnya pendapatan klub tak lepas dari masalah finansial akibat covid-19 yang di saat bersamaan tingkat utang dan kewajiban yang terus meningkat.

Adapun laporan La Vanguardia mengklaim bahwa Barcelona tahun ini wajib membayar utang sebesar 420 juta euro. Jika tidak, mereka akan dinyatakan bangkrut.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More