Utang Menumpuk, Manchester United Alami Resesi?

Football5star.com, Indonesia – Manchester United akan segera mempublikasikan laporan keuangan mereka ke publik. Laporan itu nantinya akan dilakukan setelah jendela transfer di tutup dalam dua pekan ke depan.

Dikutip Football5star.com dari Manchester Evening News, Rabu (23/9/2020) untuk laporan keuangan kuartal keempat yang berakhir pada 30 Juni 2020 akan dipublikasikan pada Oktober mendatang.

Menariknya sumber dalam United menyebut bahwa saat ini kondisi finansial klub berjuluk Red Devils tersebut berada di kondisi yang tak bagus. United mengalami kerugian diakibatkan pandemi corona. Karenanya kubu United disebut mendorong agar otoritas Liga Inggris menyetujui kembalinya suporter ke stadion.

Faktanya jika merujuk kepada laporan keuangan kuartal ketiga yang diterbitkan pada Mei, United kehilangan 28 juta poundsterling plus 4 juta poundsterling karena penundaan pertandingan melawan Tottenham pada pertengahan Maret.

Sedangkan pendapatan untuk kuartal terakhir turun 18.7 persen menjadi 123,7 juta poundsterling dan hutang United melonjak sebesar 124,4 juta poundsterling menjadi 429,1 juta poundsterling.

Sebelumnya, akun Twitter @SwissRamble, menyebut United secara finansial lebih buruk dari pemiliknya, keluarga Glazer.

Yang menyedihkan, keluarga Glazer hanya menjadikan United sebagai sapi perah. Laporan dari @SwissRamble menyebutkan dalam rentang waktu 2014 hingga 2019, United menyetor dana ke keluarga Glazer mencapai angka 89 juta poundsterling.

Angka 89 juta poundsterling tersebut diperoleh dari omset tahunan klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford tersebut. Manchester United tidak memiliki pendanaan tambahan, tapi juga kehilangan uang yang seharusnya masuk ke kas mereka.

Fakta yang paling miris adalah bahwa United merupakan klub yang menyetor uang lebih banyak dibanding klub-klub Liga Inggris lainnya. Kondisi tak jauh berbeda juga dialami oleh Tottenham Hotspur. Klub yang dilatih Jose Mourinho itu menyetor kurang lebih 40 juta poundsterling kepada Daniel Levy.

Ed WoodwardLiga InggrisManchester United