Vahid Halilhodzic, Pelatih Yang Bawa Tiga Negara ke Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Keberhasilan Timnas Jepang lolos ke Piala Dunia 2018, tak terlepas dari hasil tangan dingin pelatih mereka, Vahid Halilhodzic. Meski sempat menuai kritik dan diberitakan hampir dipecat, Halilhodzic berhasil membawa Negeri Matahari Terbit itu berlaga di Rusia. Bahkan, ia berhasil membawa tiga negara berbeda lolos ke babak final Piala Dunia.

Ketiga negara itu yang pertama adalah Pantai Gading, yang berhasil lolos pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Meski berhasil membawa negara itu lolos, ia tetap saja dipecat empat bulan sebelum ajang tertinggi di dunia itu berlangsung,  karena gagal berprestasi di Piala Afrika 2010.

Negara kedua adalah Aljazair. Negara asal Afrika itu berhasil lolos ke Piala Dunia yang keempat kalinya berkat kemampuan dari Halilhodzic. Bahkan, mereka berhasil masuk ke babak 16 besar sebelum dikalahkan oleh Sang Juara, Jerman.

Sementara itu, Halilhodzic menyatakan bahwa timnya berhasil lolos determinasi dan keberanian. Pelatih asal Bosnia juga menyebutkan bahwa kemenangan ini diperuntukkan kepada masyarakat Jepang yang sudah mendukung mereka.

“Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, pertandingan ini adalah untuk semua orang Jepang. Kemenangan untuk mereka dan saya teringat pada orang-orang di Kumamoto (dilanda serangkaian gempa bumi pada bulan April tahun lalu). Saya berjanji kepada mereka bahwa kami akan lolos,” ungkapnya.

Gol dari Takuma Asano dan Yosuke Ideguchi membuat Jepang menang 2-0 dalam laga itu. Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, di Stadioan Stadion Midori-ku, Saitama, Jepang, Kamis (31/8/2017), mereka merayakan kelolosan itu.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More