VAR Akan Dipakai di Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – Video Assistant Referee (VAR) dipastikan akan dipakai di Piala Dunia 2018. Hal itu diungkapkan Presiden FIFA Gianni Infantino setelah FIFA menyetujui hal itu pada Jumat (16/3/2018). Infantino menilai VAR adalah teknologi yang sesuai dengan tuntutan zaman.

“Kita harus menyesuaikan dengan zaman. Kita akan memiliki Piala Dunia pertama dengan VAR. Hal tersebut telah disetujui dan kami benar-benar senang dengan putusan itu,” terang Infantino seperti dikutip Football5Star.com dari London Evening Standard.

VAR akan dipakai di Piala Dunia 2018.
espn.com

Lebih jauh, pria berumur 47 tahun itu menyebut putusan itu sebagai langkah bersejarah. “Ini putusan yang esensial, penting, dan bersejarah. Kami mengambilnya dengan berdasar pada rapat IFAB dua pekan sebelumnya,” tambah Infantino.

Mengenai kekhawatiran beberapa pihak, dia mengatakan, “Putusan ini diambil dengan berdasar pada percobaan-percobaan yang dilakukan di lebih dari seribu pertandingan dan memberikan jaminan kepada kami bahwa VAR memang membantu wasit,” papar dia lagi. “Kami tidak membuat putusan ini dengan mudah. Kami telah mempelajarinya secara mendalam selama dua tahun.”

Menurut mantan Sekjen UEFA tersebut, pada awalnya ada sikap skeptis terhadap penggunaan teknologi pembantu wasit yang satu ini. Namun, dia menegaskan, sebuah teknologi tak bisa dinilai berguna jika tak pernah dicoba. Berdasarkan penggunaan teknologi pembantu wasit dalam lebih dari 1.000 pertandingan, dia meyakini nilai kegunaannya.

“Ada fakta bahwa wasit membuat satu kesalahan dari setiap tiga putusan penting yang dibuat. Dengan menggunakan VAR, rasio itu menjadi satu dalam 19 putusan,” pungkas dia.

Comments
Loading...