VAR Bikin Unai Emery Gagal Jadi Pelatih Terbaik di Dunia

Football5star.com, Indonesia – Pelatih asal Spanyol, Unai Emery mengaku melewatkan kesempatan emas untuk meraih predikat juru taktik terbaik di dunia ketika membesut Paris Saint-Germain (PSG). Menurut Emery, predikat tersebut gagal ia dapatkan karena belum adanya VAR.

Menurut Emery, ia hanya gagal mempersembahkan gelar Liga Champions untuk Les Parisiens. Kegagalan tersebut terjadi karena Liga Champions belum menggunakan VAR pada musim 2016-17.

“Ketika membesut PSG, saya melewatkan kesempatan untuk bisa menjadi pelatih terbaik di dunia. Saya meraih gelar Ligue 1 serta beberapa gelar domestik lainnya. Tapi, target utama saya adalah Liga Champions,” ujar Unai Emery kepada France Football.

Unai Emery - PSG - Fox Sports
Fox Sports

“Di tahun pertama, kami gagal karena dikalahkan Barcelona di babak 16 besar Liga Champions. Menurut saya, ketika itu kami takluk karena belum adanya VAR. Kami dikalahkan oleh keputusan wasit,” sambung Emery menambahkan.

Lebih lanjut, Emery juga membahas kegagalan PSG semusim berselang di tangan Real Madrid. Menurutnya, kekalahan tersebut masih bisa ditoleransi karena Los Blancos pada akhirnya mampu meraih gelar Liga Champions.

“Di tahun kedua, kami dikalahkan oleh Real Madrid yang ketika itu berstatus sebagai juara bertahan dan pada akhirnya bisa mempertahankan gelar Liga Champions. Meskipun, kami sempat dirugikan oleh beberapa keputusan wasit.”

“Kesimpulannya adalah, PSG takluk dari Barcelona karena keputusan wasit dan takluk dari tim yang mencetak sejarah di tahun selanjutnya,” tandas Emery.