VAR di Liga Italia Musim Depan akan Seperti Liga Jerman

Football5star.com, Indonesia – Penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga Italia akan mengalami sedikit perubahan musim depan. Perubahan tersebut diyakini akan seperti di Liga Jerman.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memastikan akan ada tempat yang terpusat untuk VAR di Liga Italia mulai musim depan. Cara ini mirip dengan sistem yang selama ini digunakan Liga Jerman maupun Piala Dunia 2018 lalu.

Untuk diketahui, ruang VAR di Serie A selama ini terpisah, baik di dalam maupun luar stadion. Nantinya, akan ada ruang khusus yang semuanya akan terpusat di Coverciano, yang merupakan pusat formasi sepak bola Italia.

VAR - Premier League - Liverpool - @premierleague
@premierleague

Sebagai informasi, Coverciano adalah tempat timnas Italia melakukan pemusatan latihan. Tidak hanya itu, tempat tersebut juga dijadikan sebagai para pelatih menjalani kursus lisensi serta pendidikan wasit.

Sejatinya Coverciano sejauh ini sudah digunakan untuk membantu para ofisial pertandingan yang akan menggunakan VAR. Tapi nantinya tempat tersebut akan menjadi ruang terpusat di mana para pengawas pertandingan bisa mengawasi dengan cermat setiap insiden yang terjadi di lapangan.

Menariknya, wasit di lapangan bisa memberi penjelasan pada kedua tim terhadap keputusan yang diambil dengan adanya ruang terpusat VAR ini.

Cara ini diharapkan bisa memberikan lebih banyak keseragaman dengan proses pengambilan keputusan. Walau begitu tetap saja keputusan mutlak ada di tangan wasit yang memimpin pertandingan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More