VAR Sebabkan Penalti “Hantu” di Bundesliga 2

Football5star.com, Indonesia – Video Assistant Referee (VAR) selama ini digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan. Namun, apa yang terjadi Bundesliga 2, kasta kedua Liga Jerman, justru menimbulkan tanda tanya besar.

Pada laga yang mempertemukan Holstein Kiel vs Bochum akhir pekan kemarin, VAR membuat keputusan kontroversial. Wasit menunjuk titik putih kepada tim tamu. Kejadian ini bermula saat pemain Bochum melenceng dari gawang.

Bola yang mengarah ke para pemain Holsten Kiel yang sedang melakukan pemanasan membuat salah satu di antara mereka, Michael Eberwein, menghentikan laju bola tepat di garis luar lapangan.

Melihat kejadian itu wasit tidak membuat keputusan apa pun. Tapi justru VAR yang memperingatkan sang pengadil bahwa yang dilakukan Eberwein merupakan pelanggaran. Setelah diskusi, ia lantas memberikan penalti untuk tim tamu. Tidak hanya itu, sang pemain juga diganjar kartu kuning oleh sang pengadil.

Penalti “hantu” ini pun sukses dieksekusi oleh striker Bochum, Silvere Ganvoula. Berkat penalti ini pula anak asuh Thomas Reis menang 2-1 atas tuan rumah. Adapun satu gol lainnya dicetak pemain Korea Selatan, Jae-Sung Lee.

Adapun gol Holstein Kiel dicetak Janni Sarra. Tuan rumah sejatinya bisa saja menahan imbang Bochum. Tapi penalti yang mereka dapat di penghujung babak pertama gagal diselesaikan dengan baik oleh Janni Serra.

Bukan kali ini saja penggunaan VAR di Liga Jerman mengundang kontroversi. Musim 2017-2018 para pemain Mainz dan Freiburg yang sudah masuk ruang ganti terpaksa kembali lagi ke lapangan setelah teknologi tersebut memutuskan telah terjadi pelanggaran di kotak penalti.

Akibat keputusan kontroversial itu, Mainz sukses mengalahkan Freiburg dengan skor 2-0. Salah satu gol tercipta lewat penalti “hantu” yang dicetak Pablo De Blasis.

BochumBundesligaBundesliga 2Holstein KielVAR