Ventura Menyesal Latih Timnas Italia

Football5star.com, Indonesia – Giampiero Ventura mengaku menyesal melatih tim nasional Italia. Bagi dia, kegagalan bersama Gli Azzurri adalah cacat terbesar dalam kariernya.

Ventura ditunjuk sebagai pengganti Antonio Conte di skuad Gli Azzurri pada Juni 2016, dengan bekal pernah membesut beberapa klub Serie A seperti Torino, Sampdoria, Udinese hingga Napoli.

Namun, di bawah komando Ventura, Italia mengalami tren buruk dan salah satunya gagal meraih tiket menuju Piala Dunia 2018. Itu adalah pertama kalinya Italia gagal lolos dalam 60 tahun.

Terakhir kali mereka mengalami tragedi serupa adalah pada gelaran 1958 di Swedia. Kala itu, Azurri hanya mampu finis di peringkat kedua grup 8 UEFA dan kalah dari Irlandia Utara.

Giampiero Ventura, Timnas Italia (zimbio.com)2
zimbio.com

“Mungkin saya salah mengambil pekerjaan itu. Dua kekalahan sudah cukup untuk membuat orang melupakan 33 tahun sebelumnya dari karier saya,” kata dia di Soccerway.

“Sekarang saya ingin mulai lagi dan saya akan melakukannya,” ia menambahkan.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Ventura dalam sesi perkenalannya sebagai juru formasi anyar klub Serie B, Salernitana, Kamis (11/07/2019). Di sana, sang pelatih veteran ingin mengembalikan reputasinya yang sudah berjalan selama tiga dekade.

Ventura sendiri menerima pinangan Salernitana setelah gagal menghindarkan Chievo dari jurang degradasi Serie A musim 2018/19.

Comments
Loading...