Video Assistant Referee Jadi Terobosan Baru Sepakbola

Football5star.com, Indonesia — Laga persahabatan antara Prancis melawan Spanyol menjadi pertandingan pertama yang diterapkan teknologi tayangan ulang. Sepakbola sedang menyambut suatu evolusi.

Pertandingan antara Prancis melawan Spanyol di Stade de France, Rabu (29/3) dini hari WIB, selesai dengan kemenangan tim tamu dengan skor akhir dua gol tanpa balas.

Ada dua momen penting terkait penggunaan tayangan ulang dalam pertandingan itu. Yang pertama adalah tak disahkannya gol Antoine Griezmann di menit 47.

Pemain Prancis sudah berdiri offside saat menerima umpan dari sayap kanan, hingga gol Griezmann pun tak jadi disahkan.

Yang kedua adalah gol Gerard Deulofeu. Asisten wasit sempat mengangkat bendera offside, tapi video tayangan ulang membuktikan bahwa hal itu salah. Spanyol pun mencetak gol kedua setelah sebelumnya David Silva membukukan namanya di papan skor lewat titik putih.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps menyambut baik hal itu. Dia menyebutnya sebagai evolusi sepakbola.

“Jika itu sudah terverifikasi dan itu adil, mengapa tidak (menggunakan VAR). Itu sedikit mengubah sepakbola kita,” kata Deschamps di TF1 yang dilansir Soccerway.

“Itu tak berpihak pada kami kali ini, tapi jika kami harus melalui ini, itu akan sama untuk semua orang. Usai itu, tanpa (VAR), itu akan berbeda. Tapi, ini merupakan evolusi sepakbola. Begitulah hal ini akan berlangsung,” imbuhnya.

Comments
Loading...