Vietnam Dihantui Deja Vu, Peluang Indonesia Rebut Emas

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-23 Indonesia diliputi optimisme tinggi setelah lolos dari grup maut. Pelatih Indra Sjafri menunjukkan hal itu jelang semifinal melawan Myanmar. Dia optimistis dapat melaju ke final dan timnya adalah calon kuat peraih medali emas. Sebelumnya, dia juga yakin dapat menang andai kembali bersua Vietnam pada final.

Optimisme timnas U-23 Indonesia tentu saja didasarkan pada sisi teknis. Selain itu, optimisme itu juga didukung sebuah fakta nonteknis. Itu terkait timnas U-23 Vietnam yang sekarang menjadi rival terkuat Evan Dimas cs.

Di Grup B, Vietnam memang finis di posisi teratas dan sempat mengalahkan Indonesia. Namun, jejak mereka ke semifinal ternyata dibayangi sebuah deja vu. Langkah anak-anak asuh Park Hang-seo disebut-sebut sama dengan sepuluh tahun silam.

Timnas U-23 Vietnam hanya meraih medali perak meskipun menjadi yang terbaik di grup maut SEA Games 2009
tinmoi.vn

Ada beberapa kesamaan timnas U-23 Vietnam saat ini dengan pada SEA Games 2009. Setahun sebelumnya, Vietnam sama-sama menjadi juara Piala AFF dengan agregat 3-2 dari lawan di final. Lalu, di fase grup SEA Games, mereka mampu tampil sebagai yang terbaik.

Hal yang membuat aroma deja vu kian kuat adalah keberhasilan timnas U-23 Kamboja lolos ke semifinal untuk kali pertama pada SEA Games 2019. Satu dekade silam juga ada tim yang lolos ke semifinal untuk kali pertama, yakni Laos.

Lalu, tim yang kala itu diasuh Henrique Calisto juga bermasalah dengan kiper yang sering membuat blunder. Persis sama dengan yang dialami Park Hang-seo saat ini, di antaranya saat mereka menang 2-1 atas timnas U-23 Indonesia.

Dikalahkan Runner-up Grup Maut

Timnas U-23 Vietnam kalah dari Malaysia pada final SEA Games 2009
tintuconline.com.vn

Pada SEA Games 2009, Vietnam lantas lolos ke final setelah menang 4-1 atas Singapura pada semifinal. Lawan mereka adalah Malaysia yang mengalahkan Laos 3-1. Malaysia kemudian meraih medali emas berkat gol bunuh diri Mai Xuan Hop hanya lima menit jelang laga usai.

Patut dicatat, status Malaysia pada saat itu sama dengan timnas U-23 Indonesia kali ini. Mereka finis sebagai runner-up grup maut di bawah Vietnam. Kala itu pun, sama dengan di SEA Games 2019, Thailand yang menjadi tumbal grup maut. Saat bersua pada fase grup, timnas U-23 Vietnam menang atas Malaysia yang diasuh Rajagopal dengan skor 3-1.

Andai saja timnas U-23 Indonesia nanti bersua Vietnam pada final, tentu aroma deja vu akan makin kuat. Tentu saja, hal itu positif bagi Garuda Muda asuhan Indra Sjafri untuk merebut medali emas.