Malaysia Kandas, Vietnam Wakil Tunggal ASEAN di Asian Games 2018

Football5star.com, Indonesia – Vietnam semakin menebar sinyal bahaya kepada negara-negara tetangganya dalam urusan kekuatan sepak bola. Kini, mereka menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di Asian Games 2018.

Kepastian tersebut didapat setelah tim nasional Malaysia menelan kekalahan dari Jepang pada babak 16 besar. Tim Harimau Malaya dipaksa bertekuk lutut dengan skor 0-1 oleh Negeri Matahari Terbit.

Safawi Rasid dkk terpaksa menerima kekalahan pahit di ujung pertandingan. Laga waktu normal tinggal selangkah lagi usai. Namun, Jepang mendapat hadiah penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Ayase Ueda.

Sebelumnya, tuan rumah Indonesia juga dipaksa menyerah lewat drama adu penalti oleh Uni Emirat Arab. Anak asuh Luis Milla sempat menahan agresitivas Zayed Alameri dalam pertarungan 120 menit.

Asia Tenggara diwakili oleh tujuh negara dalam cabang olahraga sepak bola. Selain tiga negara di atas, juga ada Myanmar, Thailand, Timor Leste dan Laos. Namun, semuanya rontok lebih dulu pada fase grup.

Vietnam - Football5star
asiangames2018.id

Keberhasilan Vietnam melangkah hingga delapan besar jelas tamparan bagi negara-negara lain. Masa depan sepak bola negara yang sempat porak poranda karena perang tersebut terbilang aman.

Pada Piala Asia U-19 2018 silam, Vietnam berhasil melangkah hingga babak final sebelum takluk oleh Yordania. Mundur agak jauh pada Piala Asia 2007, mereka juga jadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos dari babak penyisihan.

Nguyen Quang Hai dkk akan menjajal kekuatan Suriah yang lebih dulu menyingkirkan Palestina. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, pada 27 Agustus 2018 mendatang.

Comments
Loading...