Vietnam Sering Dirugikan Wasit Ini, Angin Segar untuk Indonesia?

Football5Star.com, Indonesia – Perangkat pertandingan Indonesia vs Vietnam pada lanjutan Pra-Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/2019), telah didetapkan. Pertandingan tersebut akan dipimpin wasit Turki Al Khudair dari Arab Saudi dengan dibantu Muhammad Maki Al-Abakri dan Khalaf Zaid Al Shammari.

Penunjukan Turki Al Khudair mendapatkan respons negatif dari media-media Vietnam. Ada dua hal yang menjadi sorotan. Pertama, dia tergolong royal dalam mengeluarkan kartu. Sepanjang kariernya, dia telah mengeluarkan 250 kartu kuning dan 16 kartu merah. Lalu, dia pun telah memberikan 36 penalti.

Khusus penalti jadi sorotan kedua media Vietnam. Pasalnya, tercatat dua kali timnas Vietnam dirugikan terkait hal tersebut. Pada Piala AFF 2018, Turki Al Khudair tak menghadiahkan penalti saat Nguyen Cong Phuong disikut oleh bek Malaysia, Shahrul Saad.

Turki Al Khudair saat memimpin laga timnas U-23 Vietnam melawan Korea Selatan.
baomoi.com

Lalu, pada Januari silam, timnas U-23 Vietnam diganjar penalti kontroversial saat menghadapi Korea Selatan. Namun, penalti itu mampu diselamatkan oleh kiper Bui Tien Dung.

Terlepas dari hal tersebut, sebetulnya timnas Vietnam tak perlu ketar-ketir oleh penunjukan Al Khudair untuk laga melawan Indonesia nanti. Faktanya, The Golden Stars Warriors tak pernah kalah dalam dua laga yang dipimpin wasit ini.

Meskipun tak dihadahi penalti oleh wasit arab Saudi tersebut, timnas Vietnam menang 2-0 atas timnas Malaysia. Adapun satu laga lain, yakni melawan Afghanistan pada 28 Maret 2017 pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2019 berakhir imbang 1-1.

Bagaimana dengan tuan rumah? Laga Indonesia vs Vietnam adalah kali pertama Tim Merah Putih diwasiti Turki Al Khudair.

Comments
Loading...