Villas-Boas Dihukum Delapan Pertandingan karena Hina Wasit

Football5star.com, Indonesia – Pelatih klub Shanghai SIPG, Andre Villas-Boas, mendapat hukuman tak boleh mendampingi timnya dalam delapan pertandingan. Asosiasi Sepak Bola China, CFA, menjatuhkan sanksi tersebut karena aksinya yang tak terpuji pada 22 September lalu.

Dengan hukuman tersebut, mantan manajer Chelsea tersebut dipastikan lebih awal mengakhiri Liga Super China pada musim ini. Pasalnya, kompetisi kasta tertinggi sepak bola China tersebut hanya tersisa empat pertandingan dan berakhir pada November nanti.

Selain hukuman delapan pertandingan, Villas-Boas juga mendapat denda. Pelatih asal Portugal ini harus membayar 40.000 yuan (sekitar Rp 81,487 juta) setelah diusir saat timnya menang 1-0 atas Beijing Guoan.

“Saat pertandingan sampai pada menit ke-78 ofisial klub Shanghai SIPG, Andre Villas-Boas, menghina wasit dengan gerak tubuh yang memberikan pengaruh negatif,” demikian pernyataan CFA pada Senin (2/10/2017).

“Sepak bola China berkembang berdasarkan prinsip fair play dan semangat olahraga sekaligus membawa tanggung jawab edukasi bagi masyarakat dan menyebarkan nilai-nilai umum.”

“Kemenangan adalah target umum dari semua partisipan tetapi tidak bisa dicapai dengan mengorbankan peraturan permainan. Menghormati peraturan, wasit, penggemar, lawan dan permainan adalah persyaratan bagi semua peserta.”

Ini berarti Villas-Boas untuk kedua kalinya mendapat hukuman sejak bergabung dengan SIPG pada awal musim. Sebelummya, mantan bos Tottenham Hotspur ini diskor dua pertandingan pada bulan Juni karena komentar di media sosial untuk mendukung Oscar setelah gelandang SIPG asal Brasil itu dihukum delapan pertandingan karena berkelahi.

SIPG saat ini berada di urutan kedua Liga Super China, terpaut empat angka dari Guangzhou Evergrande yang mereka singkirkan dalam semifinal Piala FA China akhir pekan lalu. Ini membuat SIPG menjaga asa meraih treble karena mereka juga menembus semifinal Liga Champions Asia dengan modal 1-1 melawan Urawa Red Diamonds pada leg pertama di Shanghai. Leg kedua akan dimainkan di Jepang pada 18 Oktober.

Andre Villas-BoasShanghai SIPG