Virgil van Dijk, Bek Klasik dengan Sentuhan Modern

Football5star.com, Indonesia – Legenda Manchester City, Vincent Kompany, mengaku kagum dengan Virgil van Dijk. Di mata, bek Liverpool itu punya kemampuan sempurna di lini belakang.

Van Dijk dibeli Liverpool di pertengahan musim 2017/2018 silam dari Southampton seharga 75 juta pounds, yang memecahkan rekor bek termahal di dunia kala itu. Ia langsung menjadi jenderal di lini belakang tim, membawa ‘Si Merah’ bertarung untuk gelar juara di dua musim berikutnya.

Musim lalu Liverpool cuma kalah satu poin dari Man City dalam perebutan titel, sementara musim ini dalam posisi lebih baik. Anak-anak Merseyside cuma butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar Premier League pertama, dengan keunggulan 25 poin dari Man City di posisi dua.

Meski masih harus menunggu titel Liga Inggris, Van Dijk setidaknya sudah mengantarkan Liverpool jadi juara Liga Champions musim lalu. Pengaruh besar Van Dijk di Liverpool sampai bikin Kompany menyebutnya sebagai yang terbaik dalam sejarah Premier League.

Virgil van Dijk kecewa Liverpool tumbang di tangan Chelsea pada babak 16-besar Piala FA.

“Liverpool adalah tim hebat sebelum Virgil van Dijk datang, namun mereka selalu rapuh. Saya tidak pernah merasakan supremasi yang mereka tunjukkan tahun ini. Sangat sulit untuk memiliki pemain yang memiliki dampak besar di klub besar,” kata Kompany di Goal.

“Dia membawa kembali gaya bertahan klasik dengan sentuhan modern dan saya menghormatinya. Apa yang dia lakukan itu sederhana, tetapi sangat efektif dan ini saya hormati,” ia menambahkan.

Dalam dua musim penuh sejak kedatangannya, pertahanan Liverpool meningkat pesat. Musim lalu mereka cuma kemasukan 22 gol sepanjang musim dan tahun ini baru kebobolan 21 kali dari 29 laga. Sebagai perbandingan, Liverpool kemasukan 42 gol pada musim 2016/2017, sebelum bek tengah asal Belanda tersebut gabung.