Virus Corona Belum Jua Mereda, Bagaimana Nasib Piala AFF 2020?

Football5Star.com – Wabah virus corona COVID-19 yang jadi pandemi ternyata tak berdampak ke nasib Piala AFF 2020. Pagelaran akbar sepak bola se-ASEAN tersebut tampaknya akan tetap dihelat akhir tahun nanti.

Seperti diketahui, akibat virus COVID-19 AFF sudah menunda beberapa perhelatan penting. Seperti Piala AFF U-19 dan U-16 yang rencananya dihelat di Indonesia terpaksa dibatalkan.

Demikian pula rencana dihelatnya kompetisi klub ASEAN yang diundur sampai 2021. Tapi tampaknya turnamen Piala AFF 2020 tak akan mengalami perubahan sambil berharap virus corona segera berakhir.

okezone

“Ini adalah momen yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami. Tapi kami akan melewatinya bersama. Namun, untuk melewati ini membutuhkan peran kita semua,” kata Presiden AFF, Mayjen Khiev Sameth, dalam laman resminya.

Rencananya, turnamen Piala AFF 2020 sendiri dihelat dimulai 23 November hingga 31 Desember mendatang. Sistem turnamen akan diterapkan dua kandang dan dua tandang pada fase grup.

Akan tetapi, Khiev menilai kalau pagelaran itu akan tetap dipantau terkait perkembangan virus corona. “Jika diperlukan, membatalkan kompetisi demi meminimalisasikan kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan keluarga dan komunitas sepakbola kami,” tutup dia.