Vokal Terhadap Isu Rasial, Raheem Sterling Raih Penghargaan

Footabll5star.com, Indonesia – Raheem Sterling baru saja diganjar pengharhaan Sportsman of the Year dalam ajang British Diversity Sports Awards. Penyerang Manchester City dan timnas Inggris tersebut dianggap berkontribusi dalam menyuarakan protes terhadap diskriminasi rasial.

Jebolan akademi Queen’s Park Rangers tersebut seringkali melayangkan protes soal pelecehan rasial yang dialaminya. Pada malam penghargaan yang digelar di London, Raheem Sterling hadir dengan penampilan santai menggunakan kaus biru.

Isu diskriminasi rasial kembali ramai mencuat ke publik setelah laporan dari timnas Inggri saat bertandang ke Montenegro beberapa waktu lalu. Sejumlah pemain The Three Lions seperti Callum Hudson-Odoi, Danny Rose, hingga Sterling dihujani hinaan rasial dari suporter tuan rumah sepanjang pertandingan.

Sterling - Man City - Inggris - Football5star
bbc.com

“Raheem tidak diragukan lagi merupakan talenta paling penting di Britania Raya saat ini. Dia tampil di garis terdepan menantang arus ketika banyak orang melakukan pelecehan rasial terhadapnya. Kami bangga memilihnya sebagai representasi kalangan warga minoritas,” ucap Arun King, perwakilan dari Sporting Equals.

Usai menerima penghargaan itu, Raheem Sterling hanya berkomentar singkat. “Menerima penghargaan ini adalah sebuah kehormatan besar bagiku,” tuturnya. Ada beberapa atlet lain yang juga mendapatkan penghargaan serupa. Contohnya seperti Ama Agbeze yang meraihnya dalam kategori wanita.

Kemudian ada atlet disabilitas, Kare Adenegan, yang meraih Young Sportsperson of the Year. Sementara mantan pemain Arsenal dam West Bromwich Albion, Brendon Batson, diganjar Lifetime Achievement Awads.

Comments are closed.