Wagner Bukan Sekadar Back Up Lewandowski

Football5Star.com, Indonesia – Datang sebagai back up bagi Robert Lewandowski. Begitulah penilaian awam saat Bayern Munich memboyong Sandro Wagner dari TSG 1899 Hoffenheim pada musim dingin ini. Itu tak terlepas dari keluhan Lewandowski yang tak punya cukup waktu untuk istirahat. Namun, menurut pelatih Jupp Heynckes, status Wagner bukan sekadar pemain back up atau ban serep.

Heynckes menekankan bahwa Wagner dibutuhkan dalam mendukung kebijakan rotasi yang diterapkannya. “Seperti sudah pernah saya katakan, kami harus melakukan rotasi. Untuk itu, semua pemain harus diberi kesempatan tampil. Di ujung tombak, kami hanya punya Lewy. Tentu saja itu membuat kedatangan Sandro sangat disambut baik,” terang dia seperti dikutip Sport 1, Selasa (2/1/2018).

Sandro Wagner cukup sering berduet dengan Mark Uth di Hoffenheim.
bundesliga.com

Bukan hanya itu, Heynckes juga membuka opsi lain, yakni menduetkan Wagner dengan Lewandowski. “Ada kalanya kami butuh dua penyerang di depan. Jadi, mengapa tak mungkin (menduetkan mereka)? Kami selalu menentukan formasi sesuai situasi yang dihadapi,” tambah pelatih berumur 72 tahun itu.

Pernyataan itu cukup menarik. Pasalnya, sejak menangani Bayern pada musim 2011-12, Heynckes lebih suka memakai formasi 4-2-3-1. Saat memiliki Mario Gomez, Mario Mandzukic, dan Claudio Pizarro, sangat jarang dia memakai formasi dengan dua pemain depan. Dalam 109 pertandingan yang dilakoni pada 2011-12 hingga 2012-13, tercatat hanya empat kali dia memakai formasi 4-4-2. Tiga kali dengan duet Gomez-Pizarro, sekali Mandzukic-Pizarro.

Musim ini, karena hanya ada Lewandowski sebagai striker murni, tentu saja Don Jupp tak pernah memakai formasi dengan duet striker di depan. Dia enam kali memakai formasi 4-2-3-1, enam kali pula memasang formasi 4-3-3, dan empat kali menggunakan formasi 4-1-4-1.

Adapun bagi Wagner, duet dengan striker lain di lini depan bukanlah hal baru. Pada musim ini, dia cukup sering dipasang berduet dengan Mark Uth atau Andrej Kramaric semasa memperkuat Hoffenheim.