Wajah Baru Sepak Bola: dari Pengurangan VAR Hingga Pergantian Pemain

Football5star.com, Indonesia – Dunia sepak bola kembali membuat perubahan. Kali ini perubahan muncul karena keadaan yang mendesak. Ya, virus corona membuat dunia sepak bola akan kembali dengan wajah barunya.

Hal ini diungkapkan wasit asal Italia, Nicola Rizzoli. Menurutnya, FIFA dan UEFA akan membuat banyak perubahan terkait pertandingan. Apalagi ada protokol kesehatan yang harus dijalankan seluruh tim dan pemain.

Di sisi lain, ada dua hal yang menjadi perhatian Nicola Rizzoli saat ini. Diantaranya adalah wasit yang bertugas di balik Video Assistant Referee (VAR) hingga penambahan pergantian pemain.

Zimbio

“Kita harus berperilaku berbeda, termasuk soal jarak sosial untuk menghindari risiko. Kami juga membutuhkan langkah maju yang saya harap bisa menjadi positif bagi semua orang. Kami bekerja dengan UEFA dan liga utama lainnya  untuk menetapkan kode perilaku,” kata Rizzoli kepada Sky Sport Italia, Jumat (8/5/2020).

“Kami harus mengurangi risiko seminimal mungkin. Biasanya ada empat orang di VAR, tapi akan dikurangi menjadi tiga dan semuanya akan memakai masker dan sarung tangan. Saya juga yakin FIFA akan mengizinkan lima pergantian pemain,” ia menambahkan.

Salah satu wasit terbaik Italia itu menegaskan bahwa perubahan-perubahan itu bertujuan untuk membantu semua orang agar sepak bola bisa kembali berlangsung.

“Dalam fase ini dengan banyaknya pertandingan dan dalam suhu yang tinggi, kita semua harus mengambil langkah maju untuk membantu semua orang,” tutup Nicola Rizzoli.