Wales dan Austria Promosi ke UEFA Nations League A

Football5Star.com, Indonesia – Akhir fase grup bukan hanya memastikan empat tim yang akan memperebutkan trofi juara. Akhir fase grup juga memastikan tim-tim yang promosi dan degradasi. Dua dari empat tim yang dipastikan meramaikan UEFA Nations League A 2022-23 adalah timnas Wales dan Austria.

Wales yang diperkuat Gareth Bale memastikan promosi ke UEFA Nations League A setelah menjalani “final” melawan Finlandia pada matchday VI Grup 4 UEFA Nations League B. Kemenangan 3-1 membuat mereka unggul 4 poin dari sang pesaing terdekat.

Hal serupa dialami Austria. Bahkan, David Alaba cs. lolos secara dramatis. Menghadapi Norwegia yang sama-sama berpeluang promosi, tim asuhan Franco Foda tertinggal 0-1 pada menit ke-61. Beruntunglah, mereka mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 pada injury time lewat gol Adrian Grbic.

Hasil imbang itu membuat Austria promosi ke UEFA Nations League A dengan keunggulan 3 poin atas Norwegia. Mereka menuai 13 poin, sementara sang seteru hanya 10 poin.

Selain Wales dan Austria, dua tim lain yang promosi ke UEFA Nations League A adalah Rep. Cheska dan Hungaria. Rep. Cheska meraih tiket promosi pelupuk mata Skotlandia. Vladimir Darida cs. menang 3-1 atas Slowakia, sedangkan Skotlandia imbang 1-1 dengan Israel.

Tiga Tim kembali ke UEFA Nations League B?

Kepastian meraih tiket promosi membuat Wales, Austria, Rep. Cheska, dan Hungaria menggeser empat tim lain di UEFA Nations League A. Saat ini, tiga tim sudah dinyatakan terdegradasi ke UEFA Nations B. Mereka adalah Bosnia & Herzegovina, Islandia, dan Swedia yang finis sebagai juru kunci di grup masing-masing.

Ukraina akan terdegradasi ke UEFA Nations League B andai dinyatakan kalah WO dari Swiss.
Getty Images

Satu tim lain yang terdegradasi akan ditentukan melalui sidang Komite Etik UEFA. Mereka akan menentukan nasib laga Swiss vs Ukraina yang batal digelar karena tim asuhan Andriy Shevchenko dihantam badai COVID-19.

Saat ini, Swiss berada di posisi juru kunci dengan 3 poin, sedangkan Ukraina di posisi ke-3 dengan 6 poin. Namun, andai dinyatakan kalah WO dengan skor 0-3, Ruslan Malinoskyi cs. yang akan terdegradasi ke UEFA Nations League B. Pasalnya, mereka hanya menang 2-1 pada pertemuan pertama.

Andai terdegradasi, Ukraina bersama Bosnia & Herzegovina dan Swedia harus kembali ke UEFA Nations League B. Pada 2018-19, ketiga tim itu berhasil promosi setelah memuncaki grup masing-masing.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More