Wasit Asing Liga 1 Puji Pemain Lokal

Football5star.com, Indonesia – Mulai putaran kedua Liga 1 2017 bergulir, PSSI memberlakukan kebijakan penggunaan wasit asing untuk beberapa pertandingan. Wasit asing tersebut nantinya akan dipercaya untuk memimpin laga-laga krusial dengan tensi tinggi untuk menghindari tendensi terhadap salah satu klub.

Salah satu wasit asing yang sudah merasakan atmosfer memimpin sepak bola dalam negeri adalah Shaun Evans. Wasit asal Australia tersebut memimpin pertandingan antara Persib Bandung melawan PS TNI pekan lalu di Stadion Jalak Harupat, Bandung. Evans memuji semangat sportivitas yang ditunjukkan oleh para pemain di lapangan.

“Kami sangat terbantu dengan tindakan respect para pemain terkait keputusan kami selama memimpin pertandingan,” kata Evans dikutip dari situs resmi PSSI.

Wasit yang juga memimpin pertandingan di Liga Australia dan Liga Super China tersebut menyatakan, tekanan akan selalu ada saat bekerja. Namun, menurut Evans, itu sudah menjadi risiko pekerjaan yang harus ia hadapi.

“Menjadi wasit dimanapun pastinya akan selalu berat. Namun, yang lebih penting adalah reaksi dari para pemain yang bertanding. Wasit harus tegas, namun tetap bisa bersahabat dengan para pemain,” lanjut Evans.

Selain itu, ia juga mengaku tidak masalah bila mendapat protes keras dari para pemain. Namun, protes yang dilakukan juga harus tetap sesuai dengan koridor dan aturan main yang berlaku.

“Wajar jika pemain tidak puas dengan keputusan wasit. Namun, mereka harus ingat protes tidak boleh dilakukan berlebihan. Percayakan saja semua keputusan wasit. Selama kami bisa mengamati pertandingan dengan baik,” tutup wasit kelahiran Melbourne tersebut.

Comments
Loading...