Wasit Final Liga Europa, Gianluca Rocchi, Pernah Terseret Kasus Calciopoli

Football5star.com, Indonesia – Partai final Liga Europa 2018-19 akan mempertemukan dua wakil Inggris, Arsenal vs Chelsea di Baku Olympic Stadium (30/5/2019). Laga ini nantinya akan dipimpin oleh wasit asal Italia, Gianluca Rocchi.

Ada satu fakta menarik yang membuat kepemimpinan Rocchi jelang laga final Liga Europa mungkin diragukan. Rocchi seperti dikutip football5star.com dari worldreferee, Rabu (15/5/2019) pernah terseret di kasus Calciopoli yang melibatkan petinggi Juventus, Luciano Moggi.

Dalam sebuah laporan yang dituangkan dalam buku berjudul ‘Verdachte voorzetten’ yang ditulis oleh Jurriaan van Wessem, saat Rocchi memimpin pertandingan Verona vs Lazio, ia diduga mengambil sejumlah keputusan aneh. Saat itu, Rocchi memberi dua kartu merah kepada pemain Verona dan menghadiahkan penalti kepada Lazio.

Tidak hanya itu, Rocchi pada Maret 2010 juga jadi sorotan sepak bola Italia. Saat memimpin Sampdoria vs Parma, ia memberi hadiah penalti untuk tim tuan rumah.

Wasit Final Liga Europa, Gianluca Rocchi: Pernah Terseret Kasus Calciopoli
uefa.com

Tak sampai semenit, Rocchi kemudian mengubah keputusannya. Ia yang awalnya memberi kartu kuning kepada pemain Parma kemudian meralatnya, hadiah penalti pun tak jadi diberikan kepada Sampdoria.

Rocchi berdalih bahwa pemain Sampdoria melakukan diving di area terlarang Parma. Menariknya, Rocchi malah mengubah hadiah penalti menjadi tendangan bebas di area penalti Parma.

Setelah pertandinga, Rocchi menyebut bahwa keputusannya itu resmi dari dirinya tanpa ada masukan dari official wasit lainnya.

Selama memimpin pertandingan, Rocchi tercatat memberikan 38 penalti. Ia juga total mengeluarkan kartu merah sebanyak 28 dan kartu kuning sebanyak 420 kali.

Comments
Loading...