Wasit Liga 1 2020 Bakal Dilengkapi Vanishing Spray dan Alat Komunikasi

Football5Star.com – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tampaknya benar-benar ingin Liga 1 2020 berjalan dengan kualitas yang lebih baik. Buktinya, mereka secara resmi bakal melengkapi wasit dengan vanishing spray dan alat komunikasi.

Kualitas wasit memang menjadi sorotan jelang Liga 1 2020. Sebab, sepanjang musim lalu kualitas wasit acap kali jadi perhatian. Bahkan, hal itu bisa saja mengubah hasil pertandingan.

LIB dan PSSI melihat kondisi itu. Mereka ingin pada Liga 1 2020 kualitas pertandingan bisa meningkat. Makanya, kedua otoritas sepak bola Indonesia itu menambah fasilitas buat para pengadil di lapangan, seperti vanishing spray dan alat komunikasi.

Wasit Liga 1 2020 Bakal Dilengkapi Vanishing Spray dan Alat Komunikasi

“Peran wasit dan asisten wasit di sebuah pertandingan sangat penting. Untuk itu, dengan adanya alat ini wasit dan asisten wasit dapat semakin tepat mengambil keputusan. Dan mereka harus berintegritas serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dalam laman resmi PSSI.

Kehadiran alat komunikasi jadi salah satu yang vital. -Sebab alat itu memudahkan wasit untuk dapat berkoordinasi dengan kedua asisten dan juga fourth official. Asisten wasit akan dapat membantu wasit dalam melihat dan mempertimbangkan terjadinya pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit.

Asisten wasit dapat lebih cepat berkoordinasi dengan wasit dalam pengambilan keputusan seperti offside ataupun pelanggaran yang terjadi di area yang lebih dekat dengan asisten wasit ketimbang wasit.

“Wasit adalah tokoh utama dalam menjaga sepak bola Indonesia. Ketegasan dan keberanian yang benar dari wasit dalam menegakkan laws of the game di lapangan adalah kunci menuju sepak bola Indonesia yang berintegritas,” tutup dia.