Wasit yang Dikecam Messi Buka Suara Soal Laga Brasil vs Argentina

Football5Star.com, Indonesia – Selepas pertandingan Brasil vs Argentina pada semifinal Copa America 2019, sosok wasit Roddy Zambrano jadi sorotan. Oleh kubu Argentina, di antaranya pelatih Lionel Scaloni dan kapten Lionel Messi, dia dinilai tak becus dan membiarkan Selecao berbuat seenaknya terhadap para pemain La Albiceleste.

Hal yang menjadi sorotan utama menyangkut kepemimpinan Roddy Zambrano adalah pengabaian terhadap dua insiden yang dinilai seharusnya berbuah penalti bagi Argentina. Messi juga menilai seharusnya penalti didapatkan timnya. Mengenai hal itu, sang wasit akhirnya buka suara.

Pertama-tama, wasit asal Ekuador itu menjelaskan soal insiden Dani Alves dengan Sergio Aguero. Banyak pihak menilai kapten timnas Brasil menerjang striker Argentina itu saat hendak masuk ke kotak penalti.

“Dari awal sudah jelas bahwa Aguero yang menginjak. Itu hampir merupakan pelanggaran ceroboh terhadap sang bek. (Karena sudah jelas) Mengapa harus melihat kamera lagi?” jelas Roddy Zambrano seperti dikutip Football5Star.com dari Todo Noticias.

Selanjutnya, wasit berumur 41 tahun itu menerangkan putusannya tak memberikan penalti saat Arthur Melo terlihat menyongsong Nicolas Otamendi. Banyak pihak menilai gelandang Barcelona itu nyata-nyata sengaja menahan laju bek Manchester City tersebut, bukan untuk merebut bola. Messi pun berpendapat demikian.

Mengenai insiden itu, Roddy Zambrano menjelaskan, “Saya tidak melihatnya. Saya hanya melihat pemain terjatuh. Saya mengatakan kepada petugas VAR bahwa saya tak melihat itu. Otamendi juga datang untuk bertabrakan. Itu bukan sikutan.”

Lebih lanjut, dia mengatakan, “VAR melihat ulang dan menyatakan itu situasi 50-50 dan tak memanggil saya untuk melihat tayangan ulang. Mereka tak menganggap itu sebagai pelanggaran yang berbuah penalti.”

Penjelasan sudah diberikan Roddy Zambrano. Apakah itu cukup bagi Lionel Messi dkk. yang merasa sakit hati Argentina disingkirkan Brasil pada semifinal Copa America 2019? Entahlah.

Comments
Loading...