Wenger Sempat Ragu Saat Ingin Membeli Cech

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, sempat ragu untuk mengontrak Petr Cech musim panas lalu. Kondisi fisik Cech serta umur yang mulai menua jadi dasar keraguan Wenger tersebut.

Cech memutuskan pergi dari Chelsea karena sepanjang musim 2014-15 lebih sering duduk di bangku cadangan. Dia kalah bersaing dengan Thibaut Courtois.

Selama itu, hanya 16 kali Cech bermain. Hal itu merupakan keanehan mengingat sebelum Courtois datang, dia rata-rata bermain di atas 40 pertandingan.

Wajar adanya ketika Wenger coba mendekati Cech, dia sempat ragu apakah kiper Republik Ceko itu masih fit untuk bermain di level tertinggi atau tidak. Apalagi saat itu, Arsenal masih punya David Ospina yang relatif tampil oke di paruh kedua musim lalu.

“Saya tidak tahu bagaimana kondisi fisiknya karena dia sudah lama tidak bermain,” ucap Wenger seperti dilansir Socccerway.

“Saat saya bertemu dia, saya dengan cepat diyakinkan atas hasratnya untuk terus tampil oke dan motivasi yang dia punya. Saya tidak tahu seberapa banyak yang bisa dihasilkan dari fisiknya. Dia lama tak bermain dan fisiknya menurun. Tapi saya tahu dia punya potensi yang luar biasa mengingat saya sudah menghadapi dia selama 11 tahun di Premier League. Yang jadi pertanyaan adalah, ‘Apakah secara fisik dia bisa melakukannya?,” sambung Wenger.

Namun keraguan Wenger itu nyatanya tidak terbukti, karena Cech justru tampil prima sepanjang musim ini dan jadi faktor penting adanya Arsenal di puncak klasemen Premier League. Dia sudah tampil 28 kali di seluruh kompetisi dan malah memaksa Ospina menghangati bangku cadangan.

Dari 22 penampilan di liga musim ini, kiper 34 tahun itu kebobolan 21 kali dan punya 10 clean sheet. Rata-rata ada 2,4 penyelamatan per laga dibuat oleh Cech.

“Sosoknya yang tenang, dia berkomunikasi dengan baik, mengantisipasi dengan baik, melihat apa yang datang ke arahnya. Dia seperti pelatih. Posisi terbaik untuk menjadi pelatih adalah kiper – karena dia tak bergerak dan bisa melihat semuanya. Dia adalah kamera di belakang tim,” tuntas Wenger.