West Ham Bayar Rp46,6 Miliar untuk Menempati Stadion Olympic

London Legacy Development Corporation (LLDC), penanggung jawab terhadap venue yang digunakan untuk Olimpiade 2012 di London, menerbitkan kesepakatan yang dicapai dengan West Ham United pada Kamis (14/4). Kesepakatan itu terkait hak dan biaya sewa yang harus dibayarkan The Hammers untuk menempati Stadion Olympic pada musim depan.

Dalam kontrak yang disepakati, West Ham akan memberikan kontribusi yang lebih besar dari 2,5 juta pounds (sekitar Rp46,6 miliar) jika mereka bermain lebih dari 25 pertandingan dalam satu musim. Sementara 4 juta pounds awal untuk hak penamaan stadion akan menjadi hak ke LLDC.

Kontrak tersebut juga mengungkapkan LLDC yang harus membayar kepolisian pada hari pertandingan, perawatan” hingga perbaikan stadion, pemeliharaan lapangan, juga bertanggung jawab atas semua masalah kesehatan dan keselamatan di stadion.

Namun, klub akan dikenai biaya 100.000 pounds per laga jika mereka ingin menggelar lebih dari 25 pertandingan. Biaya itu mencakup laga pramusim dan pertandingan di cup-competition. Mereka juga hanya akan mendapatkan sekitar 15 persen dari kompensasi matchday (makanan, minuman, dan lain-lain) berdasarkan perjanjian. West Ham juga hanya akan menerima 15 persen dari hasil tur stadion, sedangkan 85 persen sisanya akan menjadi milik LLDC.

“Bekerja dengan mitra kami selama tiga tahun terakhir, visi kami, ketekunan dan keyakinan yang teguh dalam potensi stadion, telah membantu desain dan menciptakan tempat berkapasitas 60.000 tempat duduk yang megah seperti kita lihat sekarang. Ini adalah stadion yang bisa dibanggakan bangsa dan kami percaya akan menjadi salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia,” bunyi pernyataan kubu West Ham.

Musim ini memang menjadi akhir perjalanan West Ham bersama Boleyn Ground, stadion yang menjadi rumah mereka selama ini. The Hammers berhasil mengantongi izin menyewa Stadion Olympic sekaligus menggagalkan misi serupa beberapa klub London lainnya, termasuk Tottenham Hotspur.

“Dan janganlah kita lupa bahwa West Ham United memiliki izin penggunaan stadion melalui proses yang adil, transparan, dan terbuka untuk setiap organisasi di dunia. Kami dengan suara bulat terpilih sebagai penyewa, di atas pihak lain, termasuk klub sepak bola seperti Tottenham Hotspur dan Leyton Orient, karena kami menawarkan kesepakatan terbaik dan satu-satunya pilihan untuk warisan sejati dan abadi untuk Queen Elizabeth Olympic Park,” tutup pernyataan di laman resmi West Ham.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More