Willian Jangan Sampai Ikuti Jejak 5 Pemain Brasil yang Gagal di Arsenal

Football5star.com, Indonesia – Arsenal resmi mengikat kontrak pemain Brasil, Willian dari Chelsea. Winger 32 tahun tersebut direkrut tim Meriam London dengan status gratis karena kontraknya habis bersama The Blues.

Arsenal seperti dikutip Football5star.com dari halaman resmi klub, Sabtu (15/8/2020) mengikat Willian dengan durasi kontrak tiga tahun. Perekrutan Willian disyukuri oleh manajemen Arsenal.

“Dia punya atribut fantastik sebagai seorang manusia, dan tentunya sebagai pesepakbola, karakternya,” ujar Direktur Teknik Arsenal, Edu Gaspar. Edu sendiri sebelum menjadi direktur teknik Arsenal mengabdi selama tiga tahun.

Bisa dibilang Edu jadi salah satu pemain Brasil yang cukup sukses bersama Arsenal. Tim Meriam London itu sendiri pertama kali merekrut pemain Brasil pada 1 Juli 1999 saat datangkan Slyvinho dari Corinthias. Sampai Willian, Arsenal tercatat sudah datangkan 13 pemain Brasil.

Ada yang sukses namun banyak juga yang gagal. Siapa saja pemain Brasil yang gagal berkarier di Arsenal? Berikut ulasannya:

Juan Maldonado Jaimez

Setelah mendatangkan Slyvinho dari Corinthias pada 1999, Arsenal kembali mencoba rekrut pemain asal Brasil lainnya yakni gelandang asal klub Sao Paulo, Juan Maldonado Jaimez. Juan datang ke Arsenal pada 2001.

Sayangnya Juan tak mampu tunjukkan permainan terbaiknya. Tercatat ia hanya dua kali membela Arsenal. Pada 2003, Arsenal meminjamkan Juan ke Milwall. Tak kerasan di Inggris, Juan memutuskan kembali ke kampung halaman dan membela Fluminense.

Julio Baptista

Selanjutnya ada nama striker dengan julukan The Beast, Julio Baptista. Ia datang ke Arsenal pada 2006 dengan status pinjaman dari Real Madrid. Arsenal saat itu menukar Baptista dengan Juan Antonio Reyes.

Tajam saat masih memperkuat Madrid, pindah ke Inggris, Baptista malah tampil sangat buruk. Ia hanya mencetak tiga gol dari 24 laga Liga Inggris. Akhirnya Baptista dipulangkan ke Real Madrid karena dianggap gagal bersinar.

Pedro Botelho

Lalu ada nama bek Pedro Botelho. Ia datang ke Arsenal pada 2007 dari klub Figueirense. Manajemen Arsenal awalnya berkeinginan Botelho bisa jadi pemain muda yang bersinar di London.

Sayang harapan itu gagal terpenuhi. Pemain yang beroperasi di sisi kiri ini sejak datang dari 2007 selalu menjadi pemain pinjaman di banyak klub. Pertama ia dipinjamkan ke Salamanca, selanjutnya ke Celta Vigo. Terakhir ia dilepas permanen oleh Arsenal ke klub Brasil, Atlético Paranaense pada 2012.

Wellington Silva

Striker Brasil Wellington Silva jadi salah satu pemain Brasil yang juga gagal bersinar di Arsenal. Datang dari klub Turki, Fluminense pada 2011, Wellington gagal memenuhi ekspektasi manajemen klub.

Sama seperti Pedro Botelho, sejak datang ia lebih banyak jadi pemain pinjaman. Ia dipinjamkan mulai dari Levante ke klub kasta keempat Liga Spanyol, CD Alcoyano. Pada 2016, ia memutuskan kembali ke mantan klubnya, Fluminense.

André Santos

Terakhir ada nama André Santos. Ia datang ke Arsenal pada 2011 dari klub Turki, Fenerbahce SK. Andre yang berposisi sebagai full kiri ini sebenarnya cukup apik bermain di Liga Inggris. Ia tercatat bermain sebanyak 23 kali dan mencetak 2 gol.

Naas baginya, saat ia tampil buruk saat Arsenal melawan Manchester United pada 3 November 2012, Santos panen kritikan. Hal itu lantaran ia bertukar jersey dengan eks Arsenal, Robin van Persie di jeda babak pertama.

ArsenalBrasilJulio BaptistaLiga InggrisWillian