Witan Sulaiman Sebut Pemain Indonesia Tak Kalah Kelas di Eropa

Football5Star.com, Indonesia – Witan Sulaiman menyebut pemain Indonesia sebenarnya tak kalah kelas dengan penggawa-penggawa Eropa. Hanya saja memang, kata dia, fisik dan kekuatan para pemain Indonesia termasuk dirinya harus lebih dibenahi.

Witan bisa berbicara seperti itu karena sudah berhasil melakoni debut di Eropa. Sejauh ini, pemain muda Indonesia sudah diberi kepercayaan mentas bersama FK Radnik Surdulica selama dua pertandingan beruntun di kompetisi Serbia.

Eks pemain PSIM Jogjakarta itu menyebut kalau sebenarnya pemain Indonesia tak terlalu kalah kelas di Eropa. Pemain-pemain tanah air disebutnya punya kelebihan, seperti kecepatan.

“Menurut saya, orang Indonesia punya kecepatan. Jadi kita cepat mengambil tindakan daripada mereka. Tapi pada saat duel, nah kita harus banyak-banyak lagi kuatkan otot,” ungkap Witan Sulaiman dikutip dari YouTube Garuda Nusantara.

Meski demikian, tak ditampik Witan kalau adaptasinya sangat sulit di sana. Terutama, lulusan Diklat Ragunan itu berkata kalau cuaca sangat berpengaruh besar.

“Di sini, tidak mudah. Sangat sulit dan sangat susah diceritakan. Karena di sini kita harus adaptasi cuaca, agen juga sudah mempertimbangkan semuanya, saya harus kuatkan kondisi tubuh saat latihan gym, karena di sini orang kuat-kuat. Jadi sangat penting kekuatan fisik,” papar dia.

Lalu, klub-klub Serbia, khususnya Radnik, mewajibkan pemainnya jua andil dalam membantu pertahanan. “Jadi harus berani duel, harus kerja keras begitu. Latihannya fokus ke tubuh saya, harus menambah masa otot saya,” pungkas Witan Sulaiman.

FK Radnik SurdulicaWitan Sulaiman