Wonderkid Borussia Dortmund Cetak Rekor di UEFA Youth League

Football5Star.com, Indonesia – Masih ingat Youssoufa Moukoko, bocah sensasional yang menggebrak di liga remaja Jerman? Rabu (23/10/2019), wonderkid Borussia Dortmund itu menorehkan sebuah rekor pada ajang UEFA Youth League.

Rekor yang dibukukan Youssoufa Moukoko itu terkait golnya ke gawang tim U-19 Inter Milan. Membuka gol pada pertandingan itu pada menit ke-9, dia menahbiskan diri sebagai pencetak gol termuda UEFA Youth League dalam umur 14 tahun 10 bulan 29 hari. Sekadar catatan, wonderkid Borussia Dortmund itu baru akan berulang tahun ke-15 pada 20 November nanti.

Youssoufa Moukoko mematahkan rekor pencetak gol termuda UEFA Youth League yang dipegang bersama oleh Youri Reeger dari AFC Ajax dan pemain Olympiakos, Christos Liatsos. Keduanya mencetak gol saat berumur 16 tahun 30 hari.

Torehan rekor tersebut jadi sebuah sensasi baru dari sang wonderkid Borussia Dortmund. Sebelumnya, beberapa pekan silam, dia ternyata sudah dipantau pelatih timnas Jerman, Joachim Loew. Pelatih Die Mannschaft itu mengaku telah berbicara dengan pelatih tim U-19 Die Schwarzgeben, Michael Skibbe. Dia berharap Moukoko berkembang sesuai harapan.

Meskipun demikian, torehan gol bersejarah Youssoufa Moukoko tersebut tak berbuah hasil bagus. Tim U-19 Borussia Dortmund dipaksa bertekuk lutut 1-4. Tim U-19 Inter Milan membalikkan keadaan lewat hat-trick Matias Fonseca dan satu gol dari Tibo Persyn.

Youssoufa Moukoko mulai menyita perhatian publik sepak bola Jerman pada musim 2017-18. Dalam umur 12 tahun, dia tampil sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga Junioren B, kompetisi untuk tim U-17. Dia mengemas 37 gol dan membawa Die schawrazgeben juara.

Musim berikutnya, pemain berdarah Kamerun yang sempat diduga memalsukan umurnya itu memang gagal mengantar timnya juara. Namun, wonderkid Borussia Dortmund itu tetap menjadi pemain tersubur. Kali ini, dia mencetak 46 gol yang mematahkan rekor torehan 44 gol di kompetisi itu yang dibuat Donis Avdijaj bersama FC Schalke U-17 pada 2012-13..

Comments
Loading...