Xabi Alonso Belajar Melatih dari Jose Mourinho dan Pep Guardiola

Football5star.com, Indonesia – Mantan bintang Liverpool, Xabi Alonso sudah dua tahun terakhir menekuni karier sebagai pelatih. Kendati masih terbilang baru, mantan gelandang ini mengaku sudah memahami cara melatih yang baik dan benar sejak lama.

Pengetahuan Xabi Alonso soal melatih tentu ia dapat ketika dirinya masih berkarier sebagai pemain. Apalagi selama ini ia selalu diasuh oleh para pelatih jempolan seperti Rafael Benitez, Vicente Del Bosque, Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, sampai Pep Guardiola.

Akan tetapi, dari sekian banyak pelatih top di atas, kebersamaannya dengan Jose Mourinho dan Pep Guardiola paling membekas. Maka tak ayal dia kerap mengadaptasi gaya melatih dua mentornya itu.

xabi alonso-DeadlineDayLine
@DeadlineDayLive

“Tentu saja saya sudah mempelajari banyak dari mereka semua. Saya sangat beruntung pernah bermain di klub-klub hebat dan dilatih pelatih lur biasa. Saya selalu mencoba untuk mendekati kapabilitas mereka untuk bagaimana memahami dan kenapa harus mengambil sebuah keputusan,” kata Alonso kepada BBC, Jumat (23/8/2019).

“Sampai sekarang saya masih menghubungi semua pelatih saya. Sangat bagus rasanya Anda berkiprah di sepak bola selama 18 tahun, dan saya benar-benar beruntung bisa belajar langsung dari Mourinho, Guardiola, maupun Del Bosque,” ia menambahkan.

Sebagai informasi, pria yang kini menjabat sebagai pelatih Real Sociedad B merasakan tangan dingin Jose Mourinho saat berada di Real Madrid. Sedangkan bersama Pep Guardiola ia rasakan dengan seragam Bayern Munich.

Comments
Loading...