Xavi Hernandez: Messi Seperti LeBron James di Sepak Bola

Football5star.com Indonesia – Meski sudah tidak berseragam Barcelona, sepertinya kenangan Xavi Hernandez atas tim lamanya masih belum hilang. Terbaru ini, ia memuji mantan rekannya dulu Lionel Messi yang menurutnya sebagai pemain paling lengkap.

Xavi dan Messi pernah sama-sama membela Blaugrama selama 11 musim. Dalam kurun waktu itu, tim asal Catalonia tersebut menjelma menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di muka bumi. Salah satu torehan paling mentereng adalah ketika memborong enam gelar sekaligus pada musim 2009-10.

Xavi and Messi (ESPNFC)
espnfc.com

“Messi mengerti semua hal yang berkaitan dengan permainan sepak bola. Sebenarnya aku malas melihat orang-orang terus membandingkannya dengan pemain lain. Ia paham bagaimana cara mengatur ruang, kapan harus mengoper, menembak, dia juga tahu dimana posisi lawan dan kawan berada,” ujar Xavi.

Musim ini, pemain kelahiran Rosario tersebut tercatat sebagai top skorer sementara La Liga dengan 16 gol. Messi juga berhasil membawa timnya tidak terkalahkan hingga paruh kedua musim ini.

“Aku melihatnya sedikit mirip dengan LeBron (James). Ia bisa membuat bola tetap berada di kakinya, hingga mendapat momen tepat untuk mengoper kepada pemain yang berdiri bebas. Itulah yang kami pelajari di akademi sejak kecil dan dilanjutkan saat di tim senior. Bahkan, (Andre) ter Stegen juga paham sistem itu,” lanjutnya.

Sejak musim 2015-16, Xavi membela klub asal Qatar, Al Sadd. Sejauh ini, pemain berusia 37 tahun tersebut sudah mengemas 12 gol dari 42 penampilan.

Comments
Loading...