Xavi Sebut Dirinya Punya Utang Budi Kepada La Masia

Football5star.com, Indonesia – Jebolan akademi La Masia, Xavi Hernandez, menyatakan dirinya punya hutang budi kepada tempatnya menimba ilmu tersebut. Menurutnya, pelajaran yang ia dapatkan selama pelatihan sangat mempengaruhi gaya bermainnya di level senior.

Xavi menambahkan, ia sempat merasa kesulitan beradaptasi dengan sistem yang diterapkan di akademi milik Barcelona tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, dirinya sudah mulai bisa membiasakan diri hingga akhirnya dipercaya masuk ke tim utama.

xavi hernandez (zimbio.com)
zimbio.com

“Pada dasarnya, aku adalah seorang pengumpan. Aku coba untuk terbiasa dengan permainan cepat selama di sana. Semua itu aku mulai ketika masih kecil. Jadi, menurutku, aku berhutang budi kepada La Masia hingga kini,” ujarnya.

“Meski aku bukan tipe pemain kuat, seringkali aku kalah dalam perebutan bola. Oleh karena itu aku coba untuk menguasai bola selama mungkin untuk mengatur tempo permainan,” lanjutnya.

Xavi mencatatkan debutnya untuk tim senior di musim 1998-98. Saat itu, ia dipercaya tampil sejak menit awal di pertandingan Piala Super Spanyol melawan Real Mallorca.

Laga perdananya berjalan manis, pemain yang saat itu berusia 18 tahun tersebut mencetak gol semata wayang bagi timnya. Meski di akhir pertandingan, Blaugrana harus takluk dari Mallorca.

Sejak saat itu, Xavi menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah Barcelona. Ia sukses mempersembahkan delapan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions bagi tim asal Catalonia tersebut.