Xavi Umumkan Pensiun dan Rencana Jadi Pelatih

Football5star.com, Indonesia – Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, mengumumkan bakal gantung sepatu pada musim panas mendatang.

Xavi melakoni debut profesional bersama El Barca di bawah asuhan Louis van Gaal pada Maret 1998. Dia bergabung dengan klub Qatar, Al Sadd, sejak hengkang dari Camp Nou pada 2015.

“Dalam empat pekan ke depan, saya akan menggantung sepatu dengan melakoni laga terakhir dari perjalanan tak terlupakan dalam 21 tahun terakhir dan telah membawa saya ke seluruh dunia,” ujar Xavi Hernandez, seperti dilansir AS.

Setelah pensiun, Xavi menyatakan ingin melanjutkan karier sebagai pelatih. Eks gelandang timnas Spanyol itu mengungkapkan filosofi yang bakal diusungnya.

“Filosofi saya sebagai pelatih merefleksikan gaya yang dikembangkan dalam pengaruh Johan Cruyff dan La Masia sejak lama. Itu adalah pengaruh gaya bermain terbesar yang dianut Barcelona,” kata Xavi.

“Saya suka melihat tim mengambil inisiatif di lapangan, menampilkan sepak bola menyerang dan mengembalikan esensi permainan yang kita sukai pada masa kanak-kanak, yakni penguasaan bola,” tuturnya.

xavi hernandez al sadd - twitter alkassdigital
Foto: Twitter.com/alkassdigital

Selama berseragam Barcelona, Xavi Hernandes pernah meraih segudang prestasi bergengsi. Beberapa di antaranya adalah delapan trofi La Liga, tiga Copa del Rey, empat Liga Champions dan dua Piala Dunia Antarklub.

Bersama Al Sadd, Xavi Hernandez menjuarai Qatar Stars League 2018-19, Piala Qatar Emir 2017, Piala Qatar 2017 dan Piala Sheikh Jassim 2017.

Comments
Loading...