Yanto Basna: Berkarier di Luar Negeri Bisa Jadi Modal Saat Melatih

Football5Star.com – Pemain yang memilih berkarier di luar negeri sebenarnya bisa menjadi modal ketika nanti memutuskan melatih. Sebab, hal itu bisa membuka relasi dan pengetahuan lain dalam taktik serta kultur sepak bola berbeda.

Hal itulah yang disuarakan oleh Yanto Basna. Eks pemain Persib Bandung yang kini berkarier di klub Thailand, PT Prachuap itu memang sudah tiga tahun terakhir memilih untuk berkarier di luar negeri.

Alasannya, selain mencari pengalaman sebagai pemain, Basna jua ingin modal bagus ketika nanti memutuskan jadi pelatih. Menurutnya, cara berpikir pemain yang pernah main di negeri orang jelas akan berbeda.

“Sebenarnya yang saya cari pengalaman, pikiran saya korbankan beberapa tahun di luar negara, mindset pasti beda, ketika nanti jadi pelatih ada relasi di luar negara cari ilmu 10-15 tahun yang akan datang, seperti soal taktik, dan sebagainya,” ungkap Yanto Basna dalam Youtube BangBes.

Yanto Basna Sendirian di Thailand, Rindu Tanah Air
Instagram Yanto Basna

Basna sendiri memiliki target dalam kariernya. Meski sudah main di Thailand, dia saat ini membidik untuk bisa merumput di klub-klub Korea Selatan atau Timur Tengah.

“Saya ingin mencari pengalaman baru lalu menemukan level sampai di mana. Kalau di medan perang, apa yang ada pasti keluar kemampuannya. Makanya kemarin ada yang tanya saya bahasa Inggris penting tidak, saya jawab penting. Karena saat saya pergi ke Thailand modal pura-pura gila saja, ketika sampai belajar, modal penting adalah mental, membuka diri, dan mau belajar,” tutup Yanto Basna.