Yanto Basna Sempat Ditipu Dijanjikan Main di Klub Besar Thailand

Football5Star.com – Perjalanan karier Rudolof Yanto Basna untuk bisa main di Thailand ternyata tak semudah yang dibayangkan. Dia bahkan sempat ditipu dengan dijanjikan main di klub besar Thailand, Bangkok Glass.

Sudah sejak 2018 lalu, pemain berusia 24 tahun itu memang rutin bermain di Thailand. Sudah tiga klub yang dibelanya, mulai dari Khon Kaen, Sukothai, hingga PT Prachuap. Basna jua selalu menjadi pemain utama di tim Thailand itu.

Kendati demikian, pada awal-awal mau bermain di Thailand banyak cobaan yang diterima pemain kelahiran Sorong, Papua itu. Ada agen yang menjanjikannya main di Bangkok Glass (sekarang BG Panthum).

“Ada agen yang menjanjikan saya ke Bangkok Glass, itu kan tim bagus. Dia sudah kirim saya gambar apartemen, mobil, tapi setelah sampai di Thailad hoax, dia tipu saya. Akhirnya ya mau gimana lagi, saya sudah sampai di Thailand. Lalu saya seleksi di Khon Kaen,” ungkap Yanto Basna dalam live Instagram APPI.

Yanto Basna Sendirian di Thailand, Rindu Tanah Air
Instagram Yanto Basna

Saat lolos di Khon Khaen, ada hal yang membuatnya terkejut. Dalam latihan perdananya, dia diajari banyak hal yang tak pernah didapatkan sebelumnya.

“Terus hampir dua minggu, tapi yang paling menarik itu, saya latihan pertama seperti baru belajar sepak bola lagi. Dalam hati, saya buat apa buat susah diri, di Indonesia saya bisa terima gaji bagus, main klub bagus, kenapa saya harus datang seperti orang bodoh diajar main bola lagi,” papar dia.

Yanto Basna sempat berpikir untuk pulang saja ke Indonesia. Tapi, dia kemudian berpikir sudah terlanjur di Thailand, sayang kalau perjuangannya diakhiri begitu saja.

“Akhirnya saya terima mereka ngomong apa. Pas pertandingan dimulai, laga pertama saya dipercaya main. Saya selalu berikan 100 persen kepercayaan pelatih. Makanya saat delapan pertandingan sebelum liga selesai, ada lima klub Liga 1 Thailand ingin kontrak,” tutup eks pemain Persib Bandung itu.