Zico: Messi Belum Setara dengan Maradona dan Pele

Football5star.com, Indonesia – Banyaknya koleksi gelar Lionel Messi tak membuat Zico silau. Legenda sepak bola Brasil itu merasa Messi belum mencapai level yang dimiliki oleh temannya, Diego Maradona dan Pele. Salah satu faktor yang membuat La Pulga belum mencapai level mereka adalah gelar di level Internasional.

Messi menggondol lima gelar Ballon d’Or sampai saat ini dan memberikan 32 gelar untuk Barcelona. Bagi Zico, catatan itu belum sanggup menyamai level Pele. Keduanya memiliki kemampuan yang lengkap, namun gelar Piala Dunia membuat level keduanya berbeda.

“Menurutku, dia (Messi) tak bisa dibandingkan dengan Pele. Saya masih menganggap Maradona sedikit ada di depan Messi, tidak dengan Pele. Pele memiliki semua kualitas dan karakteristik yang harus dimiliki oleh pesepak bola,” ungkapnya dikutip Football5star dari Omnisport.

Pele disebut oleh Zico sebagai pemain yang lengkap. Ia memiliki badan yang tak terlalu tinggi, namun mampu melakukan duel udara dengan pemain lainnya.

Lionel Messi tak ada di tiga kandidat akhir peraih gelar pemain terbaik Globe Soccer Award.
football.ru

“Ketika Tuhan menciptakan dia (Pele), Tuhan memberikan semua kualitas yang diperlukan oleh pesepak bola: kecepatan, kekuatan, dorongan, teknik, kemampuan menendang, menyundul, dan menggiring. Semua yang diperlukan pemain ia miliki.

“Hanya ada beberapa orang yang bisa lompat untuk melakukan sundulan. Dia memiliki tinggi badan 170 cm. Fondasinya sempurna, dia master penguasaan bola dan sundulan. Dia berkembang dalam segala hal. Semua yang kamu bayangkan dari seorang pemain, Pele telah melakukannya,” tambahnya.

Zico tak pernah meragukan kualitas pemain Barcelona tersebut. Namun gelar di Piala Dunia yang membuat ada jarak yang jauh antara Pele, Maradona dan La Pulga.

“(Messi) hampir memiliki segalanya. Tapi dia tak memiliki gelar Piala Dunia yang Pele miliki. Ini memiliki arti lebih. Maradona saya pikir, dia telah menanggung banyak pemain di punggungnta. Maradona melakukan banyak hal untuk klubnya, Messi juga dan untuk Argentina, Maradona adalah juara dunia,” tutupnya.

Comments are closed.